Soul for Indonesian Earth: Sayangi Bumi Hari Inii

teaser_concerto_lowres2.jpg

Apakah orang Indonesia perlu peduli terhadap pemanasan global? Jawabannya tentu “ya”. Kenapa? Pertama, pemanasan global paling dapat dirasakan di negara-negara tropis dan kepulauan. Dan Indonesia adalah keduanya. Indonesia lah yang mengalami kekeringan, hujan tak menentu, banjir, angin puting beliung, kebakaran hutan dan meningkatnya penyakit-penyakit tropis seperti demam berdarah dan malaria. Lebih lagi, jika masyarakat Indonesia tidak melakukan apa-apa, dalam beberapa dekade kedepan, Indonesia harus rela kehilangan pulau-pulau indahnya yang tenggelam karena naiknya perrmukaan air laut.Seberapa seringkah kita protes tentang panasnya hawa? Parahnya banjir? Polusi, dll? Sadarkah kita jika semua itu ada campur tangan ulah manusia? Namun sudah saatnya kah kita pasrah? Tidak, namun, waktu kita tidak banyak. Karena itulah gerakan GloW Alliance dibentuk oleh berbagai macam individu dari berbagai macam latar belakang dan profesi dengan tujuan untuk menyelamatkan bumi Indonesia sehingga anak cucu kitapun masih dapat menikmati dan hidup di tanah air yang masih layak tinggali. Lingkungan sudah rusak, efek pemanasan global sudah semakin terasakan, namun dengan campur tangan manusia, gejala ini masih dapat minimal dilambatkan.

Menyikapi hal itu, maka kita harus bersama-sama mulai membukakan mata, hati, dan pikiran seluruh lapisan masyarakat mengenai apa yang terjadi saat ini disekitar kita yang akan berdampak di masa depan. Untuk itu GloW Alliance dan Pemuda Maluku Bersatu (PMB) berinisiatif menyelenggarakan konser amal SOUL FOR INDONESIAN EARTH “Sayangi Bumi Hari Ini” pada tanggal 07-07-2007 (7 Juli 2007) di Tennis Indoor Senayan dengan tujuan membangun kebersamaan untuk peduli akan pemanasan global, hal ini.


Seperti diketahui di bulan Desember 2007 ini, Indonesia akan menjadi tuan rumah United Nations Climate Change Conference yang akan membicarakan kelanjutan dari Kyoto Protocol*.
Kemungkinan besar hasil dari konferensi antar negara ini akan disebut “The Bali Mandate”. Apa kontribusi rakyat Indonesia dalam mandat tersebut? Masyarakat Kyoto di Jepang mempersiapkan diri mereka satu tahun sebelum konferensi United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCC) yang menghasilkan Kyoto Protocol tersebut. Sudah saatnya kitapun melakukan hal yang sama dalam waktu yang lebih singkat. Sudah saatnya kesadaran pemanasan global masuk ke dalam rancah sosial, budaya dan pendidikan, tidah hanya dalam obrolan politik dan ekonomi.

Tentang GloW Alliance

Glow Alliance adalah sebuah aliansi untuk memerangi pemanasan global dalam konteks Indonesia. Aliansi ini melibatkan sekumpulan aktivis muda dari berbagai latar belakang seperti aktivis lingkungan, filmaker dokumenter, wartawan, praktisi production house, relawan independen, dosen, pelajar, dan mahasiswa.

Tentang Pemuda Maluku Bersatu (PMB)

PMB atau Pemuda Maluku Bersatu adalah sebuh organisasi yang dibentuk berdasar inspirasi untuk menyatukan Pemuda Maluku yang berkeinginan melakukan koreksi kritis terhadap perpecahan sesama anak negeri. Berbagai potensi masalah yang terpendam selama konflik dan pasca konflik yang menurunkan keterpurukan spirit dan moral, kesejahteraan, maupun keindahan alam Indonesia


“Lihatlah ini perbuatan kita sendiri. Sayangi Bumi Hari Ini”

* Kyoto Protocol adalah satu-satunya perjanjian internasional mengenai pemanasan global. Indonesia, termasuk dari 84 negara yang meratifikasi perjanjian tersebut ikut komit untuk melakukan usaha reduksi emisi gas rumah kaca.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s