Greenpeace SolarGeneration tantang pemerintah dunia untuk pilih solusi energi bersih & aman

Nur Hidayati, Juru kampanye iklim dan Energi, Greenpeace Asia Tenggara

“Pesan kami jelas: kita harus pilih solusi energi yang bersih dan aman — yang lain hanya akan memperdayai generasi penerus bumi”.

Greenpeace dan duta-duta SolarGeneration merilis tantangan tersebut kepada para pemerintah dunia kemarin bersamaan dengan presentasi mereka bersangkutan dengan solusi-solusi energi terbarukan dan efisiensi energi pada acara pembukaan “UN’s Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) Working Group III” di Bangkok.

SolarGeneration, pelajar-pelajar yang berkampanye untuk pemakaian energi terbarukan yang lebih luas di seluruh dunia, menyampaikan pesan di atas ketika mereka bertemu dengan Ketua IPCC Dr. Rajendra Pachauri ketika beliau menjadi tamu khusus di kios SolarGeneration mereka yang berlokasi dekat dengan tempat pertemuan di UN Convention Center. Dr Pachauri berbicara langsung dengan pelajar-pelajar dari Thailand, India, Indonesia, Filipina, Cina, Jerman and Prancis, di mana beliau mengakui pentingnya keterlibatan generasi muda dalam isu-isu perubahan iklim.

“Satu-satunya solusi untuk perubahan iklim yang kita inginkan adalah yang bisa menjamin masa depan yang aman dan lebih baik. Pemerintah-pemerintah dunia semestinya tidak perlu menimbang proposal-proposal yang menghasilkan lebih banyak kerugian daripada keuntungan,” ungkap seorang anggota SolarGeneration dari Filipina, Karla de Guia. “Kami percaya bahwa hanya energi terbarukanlah satu-satunya solusi yang sempurna.”

IPCC bertemu di Bangkok untuk mendiskusikan rekomendasi rekomendasi kebijakan dalam rangka mengatasi perubahan iklim. Hasil pertemuan tersebut akan diungkapkan dalam sebuah laporan untuk publik pada akhir pertemuan di hari Kamis. Beberapa agensi media telah melaporkan bahwa opsi-opsi yang diperkirakan akan disampaikan dalam pertemuan tersebut berkisar dari efisiensi energi dan energi terbarukan, sampai teknologi yang berpotensi bahaya dan belum teruji seperti energi nuklir hingga penyerapan dan penyimpanan karbon.

Greenpeace meminta kepada para pemerintah di seluruh dunia untuk segera mengambil tindakan tegas untuk merevolusi produksi serta konsumsi energi global dalam menghadapi peringatan-peringatan yang mengkhawatirkan sehubungan dengan perubahan iklim yang telah dikeluarkan setelah dua
pertemuan IPCC di tahun ini.

“Satu-satunya solusi yang dapat diterima adalah adaptasi masal terhadap energi yang bersih dan terbarukan, serta adaptasi masal juga terhadap efisiensi energi. Greenpeace telah menunjukkan bahwa dunia bisa hidup dengan energi yang aman dan terbarukan, dan bahwa kita dapat mencapai target efisiensi yang diperlukan. Kita dapat melakukan semua ini bahkan bersamaan waktu dengan proses penghapusan pemakaian sumber energi berbahaya dan merusak lingkungan seperti batubara dan nuklir. Dan kita harus mulai sekarang juga,” kata Juru Kampanye Iklim dan Energi se-Asia Tenggara untuk Greenpeace, Tara Buakamsri.

Minggu yang lalu Greenpeace telah meluncurkan sebuah laporan berjudul ‘Energy [R]evolution: A sustainable East Asia Energy Outlook’ yang menjabarkan bagaimana pemakaian energi terbarukan, bersamaan dengan efisiensi yang dihasilkan oleh budaya hemat energi, dapat mencukupi setengah dari kebutuhan energi dunia hingga pada tahun 2050.

Laporan tersebut hadir di saat banyak negara-negara di Asia yang mewacanakan berbagai alternatif-alternatif lain untuk menghindari pemakaian sumber-sumber energi dari fosil yang berbahaya. Pendukung-pendukung muda SolarGeneration mendorong pemerintah mereka untuk memilih kebijakan energi yang benar.

“Saat ini pemerintah negara saya sedang mendorong dibangunnya pembangkit listrik tenaga nuklir. Namun saya tidak ingin adanya pembangkit nuklir di negara saya maupun di negara-negara lain karena itu sangat tidak aman dan berbahaya. Kebijakan tersebut tidak baik untuk masa depan,” ungkap Ivy Londa seorang anggota SolarGeneration dari Indonesia.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s